Anda Alumni SMKN 1 Adiwerna..? ada form yang perlu anda isi (klik menu Alumni), terima kasih

Bersih Itu Sehat, sebagian dari Iman

Selasa, 08 Maret 2011

Disini sampah... disana sampah...dimana-mana ada sampah. Buang sana... buang sini... buang disembarang tempat... Itulah realita kehidupan disekitar kita. Masih banyak sampah tidak dibuang di tempatnya, sehingga lingkungan kita terasa tidak nyaman, tidak sehat, terus kapan kita akan jadi negara maju kalau buang sampah saja masih belum bisa.

Sampah menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), menyumbat di selokan, di sungai, di saluran irigasi akhirnya kita merasakan dampak dari buang sampah sembarangan, yaitu : Banjir, genangan air dijalan, irigasi tidak lancar, pencemaran, lingkungan tidak nyaman, tanah tidak subur, dan lain sebagainya.

Di Negara maju, sampah sudah mendapa tempat yang layak, ia dikelola dengan baik, dipisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik, antara sampah yang dapat didaur ulang dengan sampah yang tidak bisa didaur ulang. Pemda di Negara maju membuat berbagai peraturan tentang kelola sampah, bahkan sampai dengan sangksi bagi yang membuang sampah sembarangan. Semuanya diatur dengan rapi dan seluruh warganya sangat mendukung.

Kebiasaan akan kebersihan berawal dari rumah. Bagaimana cara kita buang sampah saat ini, itulah hasil dari bagaimana kita terdidik sejak kecil di rumah kita, Lingkungan diluar rumah adalah faktor kedua dalam pembentukan sikap kita.

Islam mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman. Bagaimana tingkat keimanan kita? salah satu indikatornya adalah bagaimanan kita bersikap terhadap sampah.


Image and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar: